Rabu, 13 Juni 2012

Pemasaran, manajemen pemasaran dan apa saja yang dipasarkan


PEMASARAN
            Pemasaran penghubung antara kebutuhan yang dibutuhkan konsumen dengan apa yang akan diciptakan oleh pihak produsen. Dengan kata lain konsep pemasaran ini adalah mengidentifikasi apa yang dibutuhkan konsumen lalu menciptakannya lalu mengkomunikasikannya kepada konsumen terhadap nilai guna dari barang dan jasa yang diciptakan produsen sekaligus untuk memenuhi kebutuhan dan menilai apakah konsumen puas dengan menggunkan barang dan jasa produksi tersebut.
            Selain dari definisi diatas ada lagi definisi tentang pemasaran, merupakan salah satu kegiatan perekonomian yang menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri harga yang ditetapkan dari suatu barang dan jasa yang diciptakan produsen maupun harga yang berlaku di pasar, karena ada nilai ekonomi itu lah terjadi transaksi jual beli terhadap barang dan jasa sehingga terjadi kegiatan perekonomian.
MANAJEMEN PEMASARAN
            Manajemen pemasaran adalah seni dalam ilmu memilih pasar dan mendapatkannya dan menyakinkan konsumen dengan mengkomunikasikan nilai manfaat dan keunggulan dari barang atau jasa yang ingin di pasarkan.
            Selain sebagai seni manajemen pemasaran juga merupakan suatu kegiatan manajerial yang berusaha untuk merencanakan, mengimplementasikan, mengendalikan pemasaran dalam suatu produsen agar tercapai sesuai dengan tujuan dari kegiatan pemasaran itu sendiri.
    Gambar 1. Fungsi Manajemen Pemasaran (Kottler, 2000)
APA-APA SAJA YANG DAPAT DIPASARKAN
  1. BARANG. Barang-barang yang dimaksud disini adalah barang yang fisik dan nyata dari berbagai jenis dan tipe yang ada. Semua negara berusaha untuk memasarkan hasil barang produksinya seluas – luasnya. Barang – barang ini merupakan pemenuhan kebutuhan maupun keinginan manusia mulai dari barang kebutuhan primer sampai barang kebutuhan tersier.
  2. JASA. Jasa bisa diartikan seperti suatu pelayanan yang kita butuhkan. Semakin maju suatu negara maka akan semakin banyak kebutuhan terhadap jasa, hal itu mulai dari jasa penerangan, ahli-ahli dibidangnya dan banyak hal yang berkaitan dengan penyajian layanan merupakan jasa.
  3. ACARA KHUSUS. Pemasaran mempromosikan acara-acara khusus yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan di masa yang bersejarah, perayaan hari nasional dan bisa mencakup kegiatan yang bertaraf internasional seperti olimpiade maupun piala dunia sepak bola dimana kebanyakan seluruh masyarakat dunia akan menyasikannya.
  4. PENGALAMAN. Dengan mengkombinasikan barang dan jasa, seseorang dan dapat menciptakan dan memasarkan pengalaman. Misalnya walt disney world’s magic, disana kita diberi pengalaman bagaimana itu negeri dongeng, rumah hantu, selain itu juga bisa mengikuti base camp ski selama seminggu untuk mendapatkan pengalaman ski selama  seminggu.
  5. ORANG. Pemasaran disini merupakan pemasaran artis agar menjadi terkenal atau agar seseorang memiliki nilai jual pada keahliannya dapat diketahui oleh orang banyak. Misalnya musisi, dokter, pengacara dan sebagainya.
  6. TEMPAT. Pemasaran yang ditujukan disini adalah pemasaran tempat pariwisata yang dapat menumbuhkan minat dari turis domestik maupun luar negri untuk berkunjung ketempat tersebut, dan agar para turis mengetahui makanya dibuat pemasaran tempat.
  7. PROPERTI. Pemasaran yang ditujukan untuk memasarkan seperti perumahan real estate, selain itu properti itu sendiri tidak hanya berupa real estate tetapi juga dalam bentuk lain seperti saham dan obligasi juga.
  8. ORGANISASI. Bila pemasaran dalam organisasi adalah memasarkan nama atau simbol khas dari organisasi tersebut yang dapat menarik perhatian agar sekiranya bila berhasil kemudian organisasi memiliki brand nama/slogan yang dikenal semua orang.
  9. INFORMASI. Memasarkan hal yang terkait dengan berita yang beredar sehingga orang dapat dengan mudah mengetahui hal-hal berkembang atau yang sedang terjadi. Untuk informasi ini berkembang di sektor media, baik media cetak ataupun media elektronik.
  10. GAGASAN. Merupakan pemasaran gagasan mulai dari yang sifat nya sosial seperti katakan tidak pada narkoba yang mengajak orang untuk tidak mengunakan narkoba atau seperti perusahaan komestik yang memberikan harapan akan memberikan kecantikan bila mengunakan produk komestiknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar