PEMASARAN
Pemasaran
penghubung antara kebutuhan yang dibutuhkan konsumen dengan apa yang akan
diciptakan oleh pihak produsen. Dengan kata lain konsep pemasaran ini adalah
mengidentifikasi apa yang dibutuhkan konsumen lalu menciptakannya lalu
mengkomunikasikannya kepada konsumen terhadap nilai guna dari barang dan jasa
yang diciptakan produsen sekaligus untuk memenuhi kebutuhan dan menilai apakah
konsumen puas dengan menggunkan barang dan jasa produksi tersebut.
Selain dari definisi diatas ada lagi definisi tentang
pemasaran, merupakan salah satu kegiatan perekonomian yang menciptakan nilai
ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri harga yang ditetapkan dari suatu barang dan
jasa yang diciptakan produsen maupun harga yang berlaku di pasar, karena ada
nilai ekonomi itu lah terjadi transaksi jual beli terhadap barang dan jasa
sehingga terjadi kegiatan perekonomian.
MANAJEMEN
PEMASARAN
Manajemen
pemasaran adalah seni dalam ilmu memilih pasar dan mendapatkannya dan
menyakinkan konsumen dengan mengkomunikasikan nilai manfaat dan keunggulan dari
barang atau jasa yang ingin di pasarkan.
Selain sebagai seni manajemen pemasaran juga merupakan
suatu kegiatan manajerial yang berusaha untuk merencanakan,
mengimplementasikan, mengendalikan pemasaran dalam suatu produsen agar tercapai
sesuai dengan tujuan dari kegiatan pemasaran itu sendiri.
Gambar 1. Fungsi Manajemen Pemasaran
(Kottler, 2000)
APA-APA SAJA YANG DAPAT
DIPASARKAN
- BARANG. Barang-barang yang dimaksud disini adalah
barang yang fisik dan nyata dari berbagai jenis dan tipe yang ada. Semua
negara berusaha untuk memasarkan hasil barang produksinya seluas – luasnya.
Barang – barang ini merupakan pemenuhan kebutuhan maupun keinginan manusia
mulai dari barang kebutuhan primer sampai barang kebutuhan tersier.
- JASA. Jasa bisa diartikan seperti suatu pelayanan
yang kita butuhkan. Semakin maju suatu negara maka akan semakin banyak
kebutuhan terhadap jasa, hal itu mulai dari jasa penerangan, ahli-ahli
dibidangnya dan banyak hal yang berkaitan dengan penyajian layanan
merupakan jasa.
- ACARA KHUSUS. Pemasaran mempromosikan acara-acara
khusus yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan di masa
yang bersejarah, perayaan hari nasional dan bisa mencakup kegiatan yang
bertaraf internasional seperti olimpiade maupun piala dunia sepak bola
dimana kebanyakan seluruh masyarakat dunia akan menyasikannya.
- PENGALAMAN. Dengan mengkombinasikan barang dan jasa,
seseorang dan dapat menciptakan dan memasarkan pengalaman. Misalnya walt
disney world’s magic, disana kita diberi pengalaman bagaimana itu negeri
dongeng, rumah hantu, selain itu juga bisa mengikuti base camp ski selama
seminggu untuk mendapatkan pengalaman ski selama seminggu.
- ORANG. Pemasaran disini merupakan pemasaran artis
agar menjadi terkenal atau agar seseorang memiliki nilai jual pada
keahliannya dapat diketahui oleh orang banyak. Misalnya musisi, dokter,
pengacara dan sebagainya.
- TEMPAT. Pemasaran yang ditujukan disini adalah
pemasaran tempat pariwisata yang dapat menumbuhkan minat dari turis
domestik maupun luar negri untuk berkunjung ketempat tersebut, dan agar
para turis mengetahui makanya dibuat pemasaran tempat.
- PROPERTI. Pemasaran yang ditujukan untuk memasarkan
seperti perumahan real estate, selain itu properti itu sendiri tidak hanya
berupa real estate tetapi juga dalam bentuk lain seperti saham dan
obligasi juga.
- ORGANISASI. Bila pemasaran dalam organisasi adalah
memasarkan nama atau simbol khas dari organisasi tersebut yang dapat
menarik perhatian agar sekiranya bila berhasil kemudian organisasi
memiliki brand nama/slogan yang dikenal semua orang.
- INFORMASI. Memasarkan hal yang terkait dengan berita
yang beredar sehingga orang dapat dengan mudah mengetahui hal-hal
berkembang atau yang sedang terjadi. Untuk informasi ini berkembang di
sektor media, baik media cetak ataupun media elektronik.
- GAGASAN. Merupakan pemasaran gagasan mulai dari yang
sifat nya sosial seperti katakan tidak pada narkoba yang mengajak orang
untuk tidak mengunakan narkoba atau seperti perusahaan komestik yang
memberikan harapan akan memberikan kecantikan bila mengunakan produk
komestiknya.
Casino site 2021 – The most up-to-date bonus codes!
BalasHapusCasino site 2021 – The most up-to-date bonus codes! Casino site 2021 – The most up-to-date bonus luckyclub codes! Casino site 2021 – The most up-to-date bonus codes! Casino site 2021 – The most up-to-date bonus codes! Casino site 2021 – The most up-to-date bonus codes! Casino site 2021 – The most up-to-date bonus codes!